Website yang berisi informasi dunia terbaru dan terpercaya serta teraktual di Indonesia

Rabu, 17 Maret 2021

Menhub Perbolehkan Mudik Lebaran 2021

| Rabu, 17 Maret 2021

Menhub Perbolehkan Mudik Lebaran 2021

Kabar Terkini! Menhub Perbolehkan Mudik Lebaran 2021 - Pemerintah akan kembali mengizinkan mudik lebaran tahun ini. Pada tahun 2020 lalu, mudik lebaran dilarang dengan alasan penyebaran pandemi Covid-19.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, bahkan pihaknya segera mengkoordinasikan langkah antisipasi mudik lebaran tahun 2021 dengan Satgas Covid-19, untuk mencegah dan memutuskan penyebaran Covid-19 yang masih melanda Indonesia. 

Ia pun menginagatkan potensi lonjakan penumpang, terutama usai vaksinasi corona dilakukan. 

Kami sudah petakan beberapa isu penting. Pasti akan terjadi lonjakan, program vaksinasi diprediksi akan membuat masyarakat ingin berpergian, ucap Budi. Seperti yang dikutip dari antaranews.com.

Seperti diketahui tahun lalu pemerintah melarang mudik lebaran. Hal ini dilakukan demi menekan penyebaran virus corona antar daerah. 

Lonjakan penumpang diprediksi belum pulih seperti sebelumnya ada virus corona. Dalam paparan Menhub, penumpang angkutan darat seperti bus diprediksi masih menurun dari 4,19 juta menjadi 2,57 juta penumpang atau turun sekitar 38 persen berbanding dari tahun 2019 silam. 

Sementara untuk angkutran penyeberangan seperti ASDP Ferry diperkirakan mengalami lonjakan yakni dari 4,40 juta menjadi 4,49 juta penumpang  atau sekitar 2 persen. 

Lalu untuk angkutan perkeretaapian turun 59 persen, angkutan udara turun 60 persen dan angkutan laut turun 50 persen. 

Maka di beberkan dari Menhub sendiri, bahwa tidak ada larangan mudik lebaran untuk tahun ini. Pihaknya pun akan menyiapkan pelaksaan mudik yang lebih ketat dan memfokuskan tracing terhadap mereka yang akan berpergian. 

Maka dari itu, harus tetap tegakkan protokol kesehatan serta antisipasi terhadap bencana alam dan cuaca.

Pergerakan masyarakat Indonesia dalam rangka mudik akan memberikan dampak positif bagi perekonomian. 

Lawan Covid-19 saat berpergian dengan menerapkan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun, Menjaga jaga)

 

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar