Website yang berisi informasi dunia terbaru dan terpercaya serta teraktual di Indonesia

Minggu, 21 Februari 2021

Kemang Raya Menjadi Lautan Banjir

| Minggu, 21 Februari 2021

Kemang Raya Menjadi Lautan Banjir - Banjir Di Tengah Pandemi

Kemang Raya Menjadi Lautan Banjir


Kemang Raya Menjadi Lautan Banjir - Berita terpopuler hari ini - Banjir di Jakarta dapat merendam daerah mana saja, termasuk di kawasan elite Kemang Raya, Jakarta Selatan. Daerah yang dipenuhi dengan restorean dan hotel mewah, daerah ini memang kerap menjadi langganan banjir di setiap tahun. Tetapi, banjir tahun ini merupakan banjir terparah.

Pada saat sabtu (20/2/2021) kemarin, Jalan Kemang Raya kembali terendam banjir. Ruas jalan yang banjir terbentang sepanjang 300 meter. Tinggi banjir bervariasi, paling dalam diperkirakan yaitu mencapai 2 meter. 

Puluhan mobil juga ikut terendam, baik yang terdapat di pinggir jalan maupun yang terdapat di area parkir. Puluhan mobil itu dievakuasi satu persatu dengan ditarik menggunakan mobil offroad. Tidak hanya puluhan mobil saja yang terendam, sejumlah rumah warga dan gedung pun juga ikut terendam banjir.

Kawasan Kemang Raya yang dikenal sebagai kawasan elite itu telah berubah layaknya sungai coklat di kawasan kumuh. Kemang Raya memang kerap dilanda banjir setiap tahunnya, namun tahun ini menjadi banjir yang paling terparah. 

Kemang Raya Menjadi Lautan Banjir  - Luapan Kali Krukut.

Kemang raya menjadi lautan banjir

Saat ini Kemang dikenal sebagai kawasan komersial yang terdapat kafe, restoran, dan hotel.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut banjir yang menggenangi sejumlah titik di Jakarta, termasuk di Kemang, merupakan imbas dari luapan kali krukut. Menurut dia, kali itu meluap karena air kiriman dari Depok. 

"Dihulunya terjadi curah hujan yang sangat tinggi tercatat 136 mm/hari. Kemudian lintas airnya melewati dua sungai, satu kali Mampang dan dua kali Krukut. Jadi saat ini adalah dampak dari kawasan tengah sekitar Depok," ujar Anies yang dikutip dari Kompas.com.

Anies mengatakan, saat ini seluruh jajaran Pemprov DKI telah melakukan upaya untuk membersihkan sampah di aliran sungai.

Pemprov juga mengerahkan pompa mobile baik di kawasan Sudirman maupaun di Kemang yang menjadi aliran kali Krukut untuk selanjutnya dialirkan ke Banjir Kanal Barat.

"Banjir Kanal Barat permukaan airnya masih tinggi. Karena air dari sungai Ciliwung masih mengalir masuk ke kota. Jadi saat ini memang Jakarta sore ini, masih menerima aliran dari kawasan Selatan. Itu Depok maupun puncak. Kalau itu sudah reda insyaallah lebih terkendali," kata Anies, kemarin sore.

Perjalanan Dari Kereta Api Di Batalkan

PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta membatalkan perjalanan (KA) api jarah jauh pada senin (23/2/2021).

Selain pembatalan perjalanan kereta jarak jauh, KA lokal relasi Cikarang - Purwakarta (PP) yang operasionalnya melintasi jalur tersebut juga dibatalkan.

Banjir Di Tengah Pandemi

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan masih ada 10 tempat pengungsian akibat banjir di Ibu Kota dan terdapat beberapa pengungsi yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Para pengungsi yang terkonfirmasi positif COVID-19 itu kemudian ditempatkan di tenda isolasi dan dilakukan pengetesan lebih jauh dan dilakukan pelayanan yang dibutuhkan.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar